Masa
remaja adalah saat-saat yang sangat penting dalam pembangunan karakter
seseorang.
Yang
dimaksud masa remaja adalah periode masa peralihan antara masa anak-anak dan
masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun. Dalam ilmu
psikologi disebutkan bahwa remaja adalah suatu periode transisi dari masa awal
anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimulai pada usia kira kira 10 hingga
12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Istilah remaja
mengacu pada istilah bahasa Inggris teenager atau adolescence.
Rudolf
Allers dalam bukunya Forming Character in Adolescents menyatakan bahwa
anak remaja akan tumbuh menjadi seorang pemuda yang baik, normal dan
berprestasi apabila (a) dia mendapat cinta dan kasih sayang yang proporsional
dari orang tua atau kerabat lain yang mengganti posisi orang tua; (b) mendapat
pendidikan yang memadai baik formal maupun informal; (c) aktif dalam kegiatan
sosial baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah; dan (d) memiliki orang
tua atau pengasuh yang ditaati.
Karena
pentingnya periode masa remaja ini, maka siapapun yang terlibat dalam
pembangunan karakter anak, termasuk orang tua dan guru, harus memastikan bahwa
mereka berada dalam lingkungan dan suasana yang kondusif. Dalam konteks saat
ini, lingkungan yang kondusif bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan anak
meliputi kondisi di rumah, teman-teman yang dipilih, dan pendidikan formal dan
non-formal yang diperoleh.
Masa
remaja Nabi Muhammad dilalui dalam sebuah lingkungan yang sangat kondusif.
Walaupun Nabi melewati masa remajanya tanpa didampingi kedua orang tuanya,
namun Abu Thalib sebagai paman dan adik kandung dari ayahanda Abdullah telah
mengambil alih fungsi orang tua dengan sangat baik. Abu Thalib memperlakukan
Muhammad dengan penuh kasih sayang melebihi putranya sendiri. Rasa sayang yang
ditampilkan tentu saja bukan sikap sayang yang memanjakan, tapi yang bersifat
mendidik. Bersama pamannya, Nabi hidup dengan sederhana karena Abu Talib adalah
orang yang sederhana secara materi dan gaya hidup. Kesederhanaan itu membuat
Nabi menjadi sosok yang mudah berempati pada kaum lemah, miskin dan
terpinggirkan.
Nabi
juga dikenal aktif dalam kehidupan sosial dan dikenal sebagai pekerja keras. Ia
melakukan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh mereka yang sebaya. Bila tiba
bulan-bulan suci, kadang ia tinggal di Mekah dengan keluarga, kadang pergi
bersama mereka ke pekan-pekan yang berdekatan dengan ‘Ukaz, Majanna dan
Dhu’l-Majaz, mendengarkan sajak-sajak yang dibawakan oleh penyair-penyair Mudhahhabat
dan Mu’allaqat. Beberapa aktivitas dan perilaku Nabi dalam kehidupan
masa remajanya yang tercatat sejarah antara lain:
- Perjalanan Ke Syam. Kaum Quraisy terbiasa bepergian ke Syam (sekarang Suriah) sekali setiap tahun untuk berdagang. Sebab hal itu merupakan sumber utama untuk mendapatkan pekerjaan. Abu Thalib berencana untuk bepergian tanpa mengajak Muhammad. Namun, atas desakan kemenakannya tersebut, akhirnya sang paman mengalah dan ini menjadi perjalanan Nabi ke Suriah pada usia 12 tahun. Dalam perjalan inilah keduanya bertemu dengan pendeta Nasrani bernama Buhaira yang melihat tanda-tanda Nabi terakhir pada diri Muhammad.
- Menjadi penggembala kambing. Nabi Muhammad menggembala kambing milik kerabat dan orang-orang Makkah ke sekeliling gurun untuk merumput. Gaji yang didapatnya diberikan pada pamannya.
- Meninggalkan tradisi buruk. Muhammad muda menghindari semua perilaku buruk yang menjadi tradisi di kalangan pemuda seusiannya pada masa itu seperti berjudi, berzina, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga beliau dikenali sebagai As Sadiq (yang benar) dan Al Amin (yang dapat dipercaya).
- Ikut perang Fijar. Nabi berpartisipasi dalam perang Fijar. Fijar adalah peperangan yang terjadi antara keluarga keturunan Kinanah dan Quraisy dengan keluarga keturunan Qais yang bertujuan untuk memerangi para pendurhaka yang melanggar kesepakatan. Perang ini terjadi di Nakhlah sebuah tempat yang berada antara kota Makkah dan Thaif. Saat ini usia Nabi sekitar antara 14 sampai 15 tahun. Dalam usia yang demikian muda, maka keikutsertaan Nabi dalam perang Nabi dalam perang Fijar bukanlah ikut bertempur. Beliau hanya bertugas mengumpulkan panah yang datang dari pihak musuh ke garis kaum Quraisy..
Kesimpulan
Masa
remaja yakni pada usia antara 12 sampai 21 tahun harus diisi dengan berbagai
kegiatan positif seperti pendidikan formal dan non-formal, aktivitas
organisasi, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Intinya, jangan sampai dalam
usia produktif ini menjadi pengangguran tanpa aktivitas yang berarti.
By
Ahsan (sejahteraahsan@gmail.com)